Hubungan pengetahuan ibu dengan tahap pencapaian tumbuh kembang balita usia 4-5 tahun di kelurahan medono Kota pekalongan

Hubungan pengetahuan ibu dengan tahap pencapaian tumbuh kembang balita usia 4-5 tahun di kelurahan medono Kota pekalongan

Authors

  • Sudirman Sudirman
  • Hartati Hartati
  • Ayu Wulansari

Abstract

latar belakang: balita merupakan masa periode emas (golden age) sebagai masa yang sangat penting untuk memperhatikan tumbuh kembang anak secara cermat, agar sedini mungkin ibu dapat mengetahui apabila terjadi kelainan pada anaknya. kelainan yang tidak terdeteksi pada masa ini akan berdampak negatif terhadap tahapan pencapaian pertumbuhan dan perkembangan balita selanjutnya. ibu sebagai edukator yang paling dekat terhadap balita masih belum mengetahui lebih banyak proses tumbuh kembang balitanya,biasanya ibu baru menyadari adanya kelainan setelah segalanya sudah terlambat. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan tahap pencapaian tumbuh kembang balita usia 4-5 tahun.
metode:penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan desain cross sectional. populasinya yaitu ibu yang memiliki balita usia 4-5 tahun di paud asri mandiri kelurahan medono kota pekalongan. teknik pengambilan sampel dengan cara total sampling yaitu sebanyak 63 responden. instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner, kms dan kpsp. analisis data menggunakan uji rank spearman.
hasil: hasil penelitian menunjukkan ibu memiliki kategori pengetahuan baik (71,4%) tentang tumbuh kembang balita usia 4-5 tahun. berdasarkan uji statistik didapatkan ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan tahap pencapaian pertumbuhan balita usia 4-5 tahun (?:0,034), dan ada hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan tahap pencapaian perkembangan balita usia 4-5 tahun (?:0,004).
simpulan: ibu yang memiliki tingkat pengetahuan baik maka pertumbuhan balitanya baik dan tahap perkembangan balita sesuai dengan tahapan umurnya. kerjasama yang baik antara ibu dan petugas kesehatan untuk memantau dan melakukan deteksi dini penyimpangan pertumbuhan dan perkembangan balita sangat diperlukan,agar intervensi dini dapat dilakukan bila balita mengalami masalah tumbuh kembang.

Author Biography

Sudirman Sudirman, Poltekkes Kemenkes Semarang
Prodi Keperawatan Pekalongan