APLIKASI PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK SECARA ONLINE UNTUK MENDUKUNG SMART GOVERNMENT KOTA PEKALONGAN (ONLINE PUBLIC SERVICE QUALITY MEASUREMENT APPLICATION TO SUPPORT SMART GOVERNMENT PEKALONGAN CITY)

APLIKASI PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK SECARA ONLINE UNTUK MENDUKUNG SMART GOVERNMENT KOTA PEKALONGAN (ONLINE PUBLIC SERVICE QUALITY MEASUREMENT APPLICATION TO SUPPORT SMART GOVERNMENT PEKALONGAN CITY)

Authors

  • Prastuti Sulistyorini
  • Christian Yulianto Rusli
  • Indrayanti Indrayanti

Abstract

Salah satu faktor yang ada didalam pemerintahan cerdas (smart government) adalah
adanya layanan online. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan secara berkelanjutan,
pemerintah penentapkan kebijakan untuk melaksanakan survei kepuasan masyarakat.
Survei kepuasan masyarakat adalah pengukuran secara komprehensif tingkat kepuasan
masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran atas pendapat masyarakat. Pengukuran
indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhadap pelayanan publik yang saat ini dilakukan di
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Dinas Kesehatan belum dilakukan secara
otomatis dengan menggunakan sebuah aplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengembangkan sebuah aplikasi pengukuran kualitas pelayanan yang dapat diakses
secara langsung oleh masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam
pengembangan aplikasi ini terdiri dari metode pengumpulan data dengan wawancara,
observasi, dan kuesioner, dengan metode pengembangan aplikasi menggunakan
sekuensial linier serta metode pengujian aplikasi menggunakan metode pengujian
blackbox. Indikator dalam penentuan IKM sesuai dengan petunjuk dalam Keputusan
MENPAN No : KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang pedoman umum penyusunan survei
kepuasan masyarakat, yatu 14 indikator. Dengan adanya aplikasi pengukuran kualitas
pelayanan publik yang dapat diakses secara langsung oleh masyarakat, tugas OPD
penyelenggara pelayanan publik dalam melakukan evaluasi kinerja penyelenggaraan
pelayanan publik dapat terlaksana dengan mudah karena memanfaatkan TIK. Adanya
aplikasi pengukuran kepuasan pelayanan publik yang dapat diakses secara langsung
(online) ini dapat mendukung upaya pemerintah kota pekalongan dalam mewujudkan
smart government.