ALGORITMA APRIORI UNTUK REKOMENDASI PENAWARAN PRODUK DI BATIK PUTRA GHOFUR PEKALONGAN

ALGORITMA APRIORI UNTUK REKOMENDASI PENAWARAN PRODUK DI BATIK PUTRA GHOFUR PEKALONGAN

Authors

  • Arief Soma Darmawan

Abstract

BATIK PUTRA GHOFUR MERUPAKAN PRODUSEN DAN USAHA DAGANG BATIK DI KOTA PEKALONGAN.BERALAMAT JALAN URIP SUMOHARJO NO 176 KOTA PEKALONGAN DAN MEMEILIKI CABANG DI KOMPLEK GROSIR SETONO.YANG MEMILIKI KOLEKSI BATIK LEBIH DARI 40 JENIS BATIK. SEPERTI BATIK TULIS SUTRA, SEMI TULIS, KEMEJA PREMIS PRIA, KEMEJA DOBY, DASTER, BLUS BATIK, DLL. SETIAP PEMBELI DAPAT MEMBELI BATIK SECARA ECERAN (SATUAN) ATAU GROSIRAN (BORONGAN).BATIK PUTRA GHOFUR BIASA MELAKUKAN LEBIH DARI 500 TRANSAKSI DALAM SEHARI. DENGAN BANYAKNYA DATA YANG TERKUMPUL BELUM SECARA OPTIMAL UNTUK MELAKUKAN STRATEGI BISNIS. SEPERTI UNTUK MELAKUKAN PROMOSI DAN MEREKOMENDASIKAN PRODUK KEPADA PELANGGAN. ALGORTIMA APRIORI DAPAT DIGUNAKAN SEALAH SATU METODE YANG DAPAT MENYELESAIKAN PERMASALAHAN KARENA ALGORITMA PARIORI. DALAM PENGOLAHAN DATA YANG DIGUNAKAN DALAM 2 MINGGU DI BULAN OKTOBER TAHUN 2014 DIPEROLEH DATA SEBANYAK 500 DENGAN JUMLAH BARANG YANG TERJUAL SEBANYAK 1370. PENERAPAN DATA MINING DENGAN METODE APRIORI YANG DILAKUAKAN DI TOKO BATIK PUTRA GHOFUR DENGAN MENGUNAKAN NILAI MINIMUM SUPPORT ADALAH 0.07, DAN DENGAN NILAI MINIMUM CONFIDECE 1.

Author Biography

Arief Soma Darmawan
Program Studi Sistem Informasi, STMIK WidyaPratama