ANALISIS TINGKAT KESIAPAN ADOPSI E-MARKETPLACE UMKM BATIK DI KOTA PEKALONGAN
ANALISIS TINGKAT KESIAPAN ADOPSI E-MARKETPLACE UMKM BATIK DI KOTA PEKALONGAN
Authors
Abstract
UMKM BATIK DI KOTA PEKALONGAN TELAH BANYAK YANG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI SARANA PENDUKUNG DALAM PROSES PENJUALAN. NAMUN HAL INI MEMPUNYAI KELEMAHAN YAITU SERING TERJADI PENIPUAN SEHINGGA SULIT MEMBANGUN KEPERCAYAAN PELANGGAN. STUDI INI AKAN MELAKUKAN ANALISIS TERHADAP TINGKAT KESIAPAN ADOPSI SALAH SATU BENTUK PEMASARAN SECARA ELEKTRONIK YAITU E-MARKETPLACE. E-MARKETPLACE DAPAT DIJADIKAN SEBAGAI SARANA PEMASARAN DAN PENJUALAN PRODUK SECARA ELEKTRONIK. METODE ANALISIS YANG DIGUNAKAN YAITU METODE E-READINESS UNTUK PEMASARAN ON-LINE DENGAN MENGGUNAKAN ENAM INDIKATOR YAITU KEPEDULIAN, TATA KELOLA, KONSISTENSI, SUMBER DAYA BISNIS, SUMBER DAYA MANUSIA DAN SUMBER DAYA TEKNOLOGI. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA UMKM BATIK TELAH MEMILIKI TINGKAT KESIAPAN YANG CUKUP SIAP MENGGUNAKAN SARANA TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MEMASARKAN PRODUKNYA YAITU MELALUI SARAN E-MARKETPLACE. SELAIN ITU STUDI INI JUGA MENGHASILKAN MODEL BISNIS UNTUK E-MARKETPLACE. DENGAN MODEL BISNIS INI MAKA SELANJUTNYA DAPAT DIKEMBANGKAN SEBUAH MODEL E-MARKETPLACE BAGI UMKM BATIK DI KOTA PEKALONGAN.Author Biography
Taryadi Taryadi
STMIK Widya Pratama