ANALISIS TINGKAT KESIAPAN ADOPSI E-MARKETPLACE UMKM BATIK DI KOTA PEKALONGAN

Taryadi Taryadi, Era Yunianto, Nur Ika Royani

Abstrak


UMKM BATIK DI KOTA PEKALONGAN TELAH BANYAK YANG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI SARANA PENDUKUNG DALAM PROSES PENJUALAN. NAMUN HAL INI MEMPUNYAI KELEMAHAN YAITU SERING TERJADI PENIPUAN SEHINGGA SULIT MEMBANGUN KEPERCAYAAN PELANGGAN. STUDI INI AKAN MELAKUKAN ANALISIS TERHADAP TINGKAT KESIAPAN ADOPSI SALAH SATU BENTUK PEMASARAN SECARA ELEKTRONIK YAITU E-MARKETPLACE. E-MARKETPLACE DAPAT DIJADIKAN SEBAGAI SARANA PEMASARAN DAN PENJUALAN PRODUK SECARA ELEKTRONIK. METODE ANALISIS YANG DIGUNAKAN YAITU METODE E-READINESS UNTUK PEMASARAN ON-LINE DENGAN MENGGUNAKAN ENAM INDIKATOR YAITU KEPEDULIAN, TATA KELOLA, KONSISTENSI, SUMBER DAYA BISNIS, SUMBER DAYA MANUSIA DAN SUMBER DAYA TEKNOLOGI. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA UMKM BATIK TELAH MEMILIKI TINGKAT KESIAPAN YANG CUKUP SIAP MENGGUNAKAN SARANA TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MEMASARKAN PRODUKNYA YAITU MELALUI SARAN E-MARKETPLACE. SELAIN ITU STUDI INI JUGA MENGHASILKAN MODEL BISNIS UNTUK E-MARKETPLACE. DENGAN MODEL BISNIS INI MAKA SELANJUTNYA DAPAT DIKEMBANGKAN SEBUAH MODEL E-MARKETPLACE BAGI UMKM BATIK DI KOTA PEKALONGAN.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Benedicta Prihatin Dwi, R. (2003). Kewirausahaan Dari Sudut Pandang Psikilogi Kepribadian. Jakarta : Grasindo

Dada, D. (2006). E-Readiness for Developing Countries: Moving the Focus From the Environment to the Users. EJISDC, vol. 27, 1-14.

Hartiwi Prabowo. (2014). Analisis Kepercayaan Dalam C2c E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Repurchase Pada Kaskus. Binus Business Review vol.5 no.1

Prastuti, S.R. (2014) . Pengaruh Adopsi e-Commmerce Terhadap Keberhasilan Usaha . Pekalongan : BAPPEDA Kota Pekalongan

Sevtian, F.I. (2011). Pengaruh E-commerce terhadap Tingkat Volume Penjualan Sandal Kelom Geulis Di CV Kelomgeulis Tasikmalaya. Skripsi. Jakarta : FPEB Universitas Pendidikan Indonesia

Sugiyono. 2009. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Jakarta: Alfabeta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.