PENERAPAN BUKU PEDOMAN POLA ASUH ”ANAK SEKOLAH, BAPAK BUNGAH” KEPADA WARGA KAMPUNG PABEAN UNTUK MENGUBAH MINDSET ORANG TUA TENTANG PENTINGNYA PENDIDIKAN

PENERAPAN BUKU PEDOMAN POLA ASUH ”ANAK SEKOLAH, BAPAK BUNGAH” KEPADA WARGA KAMPUNG PABEAN UNTUK MENGUBAH MINDSET ORANG TUA TENTANG PENTINGNYA PENDIDIKAN

Authors

  • Pradnya Permanasari
  • Ida Ayu Panuntun
  • Amalia Fitri

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat menentukan masa depan anak. Namun demikian
tidak setiap anak mendapatkan kesempatan mengenyam proses pendidikan tersebut. Hal
ini yang dialami oleh sebagian masyarakat di Pabean, Padukuhan Keraton Lor. Ada
sebanyak 39 keluarga yang memiliki anak putus sekolah yang dikarenakan pola asuh
orang tua yang masih kurang tepat. Dengan demikian peneliti menyusun buku mengenai
pola asuh orang tua agar dapat memotivasi anak dalam menempuh pendidikan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan buku pedoman pola asuh
“Anak Sekolah Bapak Bungah” dapat mengubah mindset orang tua mengenai pentingnya
pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 39 warga yang memiliki anak putus sekolah. Proses
pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan wawancara. Hasil
penelitian ini adalah perubahan pola pikir orang tua tentang pendidikan. Dari 39 sampel
yang ada, 75% dengan jumlah 29 orang tua merasa sangat perlu mengubah pola asuh
mereka dari Permisif menjadi Demokratis. Dengan demikian penerapan buku pedoman
pola asuh “Anak Sekolah Bapak Bungah” dapat mengubah mindset orang tua mengenai
pentingnya pendidikan.