ANALISA DAN DESAIN INTEGRASI DATA PENDIDIKAN KOTA PEKALONGAN

ANALISA DAN DESAIN INTEGRASI DATA PENDIDIKAN KOTA PEKALONGAN

Authors

  • Christian Yulianto Rusli
  • Muhammad Faizal Kurniawan
  • Wahyu Setianto

Abstract

Dinas Pendidikan Kota Pekalongan memiliki tugas dan wewenang untuk mengatur
kebijakan penyelenggaraan serta pelayanan pendidikan di kota Pekalongan. Dalam
menjalankan tugasnya dinas pendidikan perlu mengambil kebijakan-kebijakan yang tepat
guna menjamin terselenggaranya pelayanan Pendidikan di Kota Pekalongan yang makin
bermutu. Dalam hal pengambilan kebijakan, tentunya Dinas Pendidikan membutuhkan
data yang aktual dan valid yang dapat menginformasikan keadaan Kota Pekalongan
khususnya yang berkaitan dengan pelayanan pendidikan. Ketersediaan data inilah yang
menjadi kendala yang dihadapi oleh Dinas Pendidikan, karena data yang dibutuhkan
tersebar. Untuk data yang berkaitan dengan sekolah Dinas Pendidikan telah bekerjasama
dengan Kementrian Pendidikan Republik Indonesia, dimana saat ini telah tersedia server
replikasi DAPODIKDASMEN yang terinstall di Dinas Pendidikan Kota Pekalongan. Namun,
data yang ada disistem DAPODIKDASMEN ini masih perlu dikolaborasi dengan data
kemiskinan dan data penduduk Kota Pekalongan yang saat ini hak aksesnya ada di
Kominfo Kota Pekalongan. Selain itu juga ada data Laporan Individu yang didapat
langsung dari sekolah-sekolah. Melalui penelitian ini diusulkan sebuah sistem terintegrasi
data kependidikan Kota Pekalongan yang merupakan hasil kolaborasi antara
DAPODIKDASMEN, data kemiskinan, data penduduk dan laporan individu. Dalam
pengembangannya Penelitian menggunakan metode Sekuensial Linier untuk memastikan
tahap-tahap terlaksana dengan cukup jelas. Desain yang dihasilkan meliputi desain
infrastruktur sistem dan desain database yang diperlukan.