APLIKASI PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK SECARA ONLINE UNTUK MENDUKUNG SMART GOVERNMENT KOTA PEKALONGAN (ONLINE PUBLIC SERVICE QUALITY MEASUREMENT APPLICATION TO SUPPORT SMART GOVERNMENT PEKALONGAN CITY)

Prastuti Sulistyorini, Christian Yulianto Rusli, Indrayanti Indrayanti

Abstrak


Salah satu faktor yang ada didalam pemerintahan cerdas (smart government) adalah
adanya layanan online. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan secara berkelanjutan,
pemerintah penentapkan kebijakan untuk melaksanakan survei kepuasan masyarakat.
Survei kepuasan masyarakat adalah pengukuran secara komprehensif tingkat kepuasan
masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran atas pendapat masyarakat. Pengukuran
indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhadap pelayanan publik yang saat ini dilakukan di
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Dinas Kesehatan belum dilakukan secara
otomatis dengan menggunakan sebuah aplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengembangkan sebuah aplikasi pengukuran kualitas pelayanan yang dapat diakses
secara langsung oleh masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam
pengembangan aplikasi ini terdiri dari metode pengumpulan data dengan wawancara,
observasi, dan kuesioner, dengan metode pengembangan aplikasi menggunakan
sekuensial linier serta metode pengujian aplikasi menggunakan metode pengujian
blackbox. Indikator dalam penentuan IKM sesuai dengan petunjuk dalam Keputusan
MENPAN No : KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang pedoman umum penyusunan survei
kepuasan masyarakat, yatu 14 indikator. Dengan adanya aplikasi pengukuran kualitas
pelayanan publik yang dapat diakses secara langsung oleh masyarakat, tugas OPD
penyelenggara pelayanan publik dalam melakukan evaluasi kinerja penyelenggaraan
pelayanan publik dapat terlaksana dengan mudah karena memanfaatkan TIK. Adanya
aplikasi pengukuran kepuasan pelayanan publik yang dapat diakses secara langsung
(online) ini dapat mendukung upaya pemerintah kota pekalongan dalam mewujudkan
smart government.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Suhendar dan Hariman Gunadi. Visual Modelling Menggunakan UML dan Rational

Rose. Bandung: Informatika, 2002.

Dharwiyanti, Sri dan Romi Satria Wahono. Pengantar Unified Modelling Language

(UML), 2003 http://www.ilmukomputer.com. Diakses tanggal 11 Oktober 2017.

Dwiyanto, Agus. Mewujudkan Good Governance Publik. Yogyakarta: UGM Press, 2006.

Fathansyah. Sistem Basis Data. Bandung: Informatika , 2012.

Jogiyanto, HM. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

Kadir, Abdul. Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi

Ofset, 2001.

Litjan Poltak Sinambela, dkk. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan,

Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Pekalongan, Pemerintah Kota. Panduan Riset Tematik. Pekalongan, 2017.

Prasetio, Adhi. Buku Pintar Pemrograman Web. Jakarta: Media Kita, 2012.

Pressman, Roger S. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu).

Yogyakarta: Andi Offset, 2002.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka

Zeithaml, V.A., A.Parasuraman, dan L.L. Berry. Delivering Quality Service. New York:

Simon and Schuster, 1990.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 Tahun 2009 Tentang

Pelayanan Publik

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No : KEP/25/M.PAN/2/2006

Tentang Indeks Kepuasan Komsumen

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.