KUALIFIKASI, PERSEPSI, DAN KOMPETENSI GURU PAI SMP/MTS SE-KOTA PEKALONGAN DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI ERA GENERASI Z
KUALIFIKASI, PERSEPSI, DAN KOMPETENSI GURU PAI SMP/MTS SE-KOTA PEKALONGAN DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI ERA GENERASI Z
Authors
Abstract
Penelitian ini dilatarbekalangi adanya temuan bahwa guru PAI SMP/MTs Se-Kota Pekalongan di eragenerasi Z ini belum optimal dalam memanfaatkan media pembelajaran khususnya yang berbasis TIK
sehingga penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap kondisi riil kualifikasi, persepsi, dan
kompetensi serta penyebab keterbatasan guru PAI dalam mengembangkan atau memanfaatkan media
pembelajaran berbasis TIK. Di samping itu, juga diungkap proses perencanaan, produksi,
pemanfaatan, dan pengelolaan media pembelajaran berbasis TIK oleh guru PAI yang sudah pernah
mempraktikkannya. Hasil penelitian ini adalah semua guru PAI yang menjadi sampel penelitian sudah
memenuhi kualifikasi sebagai guru PAI SMP/MTs. Persepsi mereka terhadap pemanfaatan media
pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) diketahui memiliki kategori
kecenderungan/ persepsi baik, sedangkan kompetensi guru SMP/MTs se-Kota Pekalongan dalam
pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kategori
cukup baik. Kompetensi mereka itu dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal sehingga ada
hal-hal yang mendukung atau menghambat Guru PAI SMP/MTs Se-Kota Pekalongan dalam
memanfaatkan media pembelajaran berbasis TIK dalam pembelajaran PAI. Oleh karena itu,
diharapkan guru PAI lebih termotivasi lagi dan memiliki kemauan untuk meningkatkan
kompetensinya dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis TIK yang disesuaikan dengan
materi ajar, kebutuhan siswa, kondisi lingkungan dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Kata Kunci: Kompetensi guru, Guru PAI, Media pembelajaran, TIK