ANALISIS PENGETAHUAN AWAL MAHASISWA MENGENAI MASALAH INTRUSI AIR LAUT DAN ROB

Nur Baiti Nasution, Sayyidatul Karimah, Hasyim As’ari

Abstrak


Artikel ini merupakan sebagian hasil penelitian pengembangan bahan ajar matematika berbasis
masalah intrusi air laut. Bahan ajar tersebut perlu dikembangkan karena masalah intrusi air laut dan
rob dinilai merupakan masalah yang dekat dengan warga Pekalongan, sehingga masalah intrusi air laut
dan rob dapat digunakan sebagai pengantar pada pembelajaran matematika. Akan tetapi, sebelum
dilakukan pengembangan bahan ajar, terlebih dahulu perlu diketahui pengetahuan awal
siswa/mahasiswa mengenai masalah intrusi air laut dan rob. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana pengetahuan awal mahasiswa mengenai fenomena intrusi air laut dan rob.
Pengetahuan awal yang dimaksud antara lain adalah pengertian intrusi air laut, pengertian rob,
penyebab rob, dampak rob, dan cara menanggulangi rob. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari
hasil analisis diperoleh bahwa sebanyak 73% responden belum pernah mendengar istilah intrusi air
laut. Fakta lain yang diperoleh adalah bahwa sebanyak 73,38% responden familier dengan istilah rob
tetapi hanya sebanyak 24% yang dapat memberikan definisi yang tepat tentang rob. Secara umum,
mahasiswa responden juga belum mengetahui sepenuhnya penyebab, dampak, dan cara meminimalisir
dampak rob. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengetahuan mahasiswa mengenai intrusi
air laut dan rob masih kurang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abd-Elhamid, H. and Javadi, A. (2008). An Investigation into Control of Saltwater Intrusion

Considering the Effects of Climate Change and Sea Level Rise. In Proceedings of the

th Salt Water Intrusion Meeting, Naples, Florida.

Arikunto, S. (2010). Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan ke-14. Jakarta.

de Melo, M. T. C. (2015). COASTAL AQUIFERS understanding saltwater intrusion.

Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. (2003). Educational Research An Introduction.

Pearson Education Inc., USA.

Nugroho, S. H. (2013). Prediksi luas genangan pasang surut (rob) berdasarkan analisis data

spasial di Kota Semarang, Indonesia. Jurnal Lingkungan dan Bencana Geologi, Vol.

(No. 1):hal. 71–87.

Pilgrimm, L. (2015). Salt Water in Coastal Aquifiers. Fredericton, New Brunswick, Canada.

Plomp, T. (2007). Educational Design Research: an Introduction. In An Introduction to

Educational Design Research, pages 9–36. Netherlands institute for curriculum

development (SLO).

Sugiyono, D. R. (2006). Statistika untuk penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Supriyadi and Khumaedi (2016). Edukasi Fenomena Amblesan-Intrusi Air Laut dan

Penanggulangannya di Semarang Utara. Abdimas, Vol. 20(No. 1):hal. 55–60.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., and Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for

Training Teachers of Expectional Children. Leadership Training Institute/Special

Education, University of Minnesota, Minneapolis, Minnesota.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.