ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN ( BPSK )

Yustiana Dwirainaningsih

Abstrak


Secara faktual bahwa sengketa konsumen akan selalu ada dalam kehidupan sehari-hari, dalam proses
penyelesaian sengketa konsumen dapat dilakukan dengan dua jalur yaitu penyelesaian menggunakan
jalur litigasi (melalui pengadilan) dan non litigasi di mana penyelesaiannya dilakukan oleh Badan
Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dengan cara mediasi, konsolidasi dan abritase. Penelitian
ini dilakukan pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen yang berkedudukan di Kota Pekalongan
dengan menggunakan jenis dan pendekatan yuridis normatif. Penulis melakukan penelaahan literatur
hukum seputar perlindungan konsumen serta penyelesaian sengketa konsumen terhadap undangundang perlindungan konsumen yang kemudian dikumpulkan dan diklasifikasikan dengan catatan
secara rinci, sistematis dan terarah mengenai dokumen/kepustakaan. Selanjutnya penulis menganalisa
data secara deskriptif, sehingga diperoleh gambaran yang menyeluruh tentang permasalahanpermasalahan seputar penyelesaian sengketa konsumen di BPSK Kota Pekalongan. Hasil dari
penelitian yang penulis lakukan ini mengemukakan peran BPSK Kota Pekalongan dalam upaya
penyelesaian sengketa konsumen ditinjau berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang
Perlindungan Konsumen dapat ditempuh dengan 3 (tiga) metode/cara yaitu konsiliasi, mediasi dan
arbitrase atas dasar pilihan dan persetujuan para pihak yang bersengketa. Bentuk putusan dengan
metode konsiliasi dan mediasi bersifat final dan mengikat, tanpa harus dimintakan fiat eksekusi ke
Pengadilan Negeri setempat, sedangkan bentuk putusan yang ditempuh dengan metode arbitrase harus
dimintakan fiat eksekusi ke Pengadilan Negeri setempat agar putusan arbitrase tersebut mempunyai
kekuatan eksekutorial.

Kata Kunci: Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, Sengketa Konsumen, Penyelesaian Sengketa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arif Rahman “Penyelesaian Sengketa Konsumen Melalui Badan Penyelesaian Sengketa

Konsumen (BPSK) Kota Serang “ Jurnal dalam AJUDIKASI : Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 2

No. 1, Juni 2018

Aries Kurniawan, Peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Dalam Penyelesaian

Sengketa Konsumen, Kompas 6 Agustus 2008

Az. Nasution, “Aspek Hukum Perlindungan Konsumen”, Jurnal Teropong, Edisi Mei 2003,

Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia

Erman Rajagukguk, “Budaya Hukum dan Penyelesaian Sengketa Perdata di Luar

Pengadilan”, Jurnal Magister Hukum, PPs-UII, Yogyakarya, Volume. 2 No. 4, Oktober

Kurniawan “permasalahan dan kendala penyelesaian sengketa konsumen melalui BPSK”

Jurnal Dinamika Hukum, Volume 12 No. 1 tahun 2012

Muskibah “Analisis mengenai cara penyelesaian sengketa konsumen ” Fakultas Hukum

Universitas Jambi

Susanti Adi Nugroho, Mencari Ujung Tombak Penyelesaian Sengketa Konsumen, Hukum

Online, 9 Mei 2009

-------------------------------, Proses Penyelesaian Sengketa Konsumen ditinjau dari Hukum

acara serta kendala implementasinya, Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Peraturan Perundang-undangan

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Terhadap Konsumen.

Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 Tentang Alternatif Penyelesaian Sengketa.

Keputusan Menperindag Nomor 350 Tahun 2001 Tentang Pelaksanaan Tugas dan Wewenang

BPSK.

Keputusan Menperindag Nomor 301 Tahun 2001 Tentang Pengangkatan, Pemberhentian

Anggota dan Sekretariat BPSK.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.