Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Di RSUD Limpung Batang

Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Di RSUD Limpung Batang

Authors

  • Kharisma Nawang Sigit
  • Muhammad Syaqiq

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien di RSUD Limpung Batang. Populasi dalam penelitian ini semua orang yang pernah menjadi pasien, baik pasien rawat jalan maupun pasien rawat inap. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode penentuan sampel tanpa sengaja (accidental sampling), peneliti mengambil sampel yang kebetulan ditemui pada saat itu ada 50 pasien yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas,uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan variabel pelayanan secara parsial mempengaruhi kepuasan pasien dengan nilai dan variabel fasilitas secara parsial juga mempengaruhi kepuasan pasien. Variabel pelayanan dan fasilitas secara simultan mempengaruhi kepuasan pasien di RSUD Limpung Batang.