Pengaruh WAG (Whatsapp Group) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Negeri 4 Pekalongan

Pengaruh WAG (Whatsapp Group) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Negeri 4 Pekalongan

Authors

  • Dewi Azizah
  • Amalia Fitri

Abstract

Penyebaran virus Covid-19 mengakibatkan pembelajaran dilakukan secara online. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu solusi yang digunakan guru dalam menyampaikan materi. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah LKS dan video pembelajaran. Media dapat membantu siswa dalam mempermudah memahami materi yang diberikan oleh guru. Selain itu, media dapat menumbuhkan minat belajar siswa, sehingga kemampuan pemahaman matematis siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan WaG terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pekalongan yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes. Data dianalisis menggunakan uji t melalui SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran WaG berbantuan LKS dan video pembelajaran menghasilkan kemampuan pemahaman matematis yang lebih baik dibandingkan pembelajaran WaG berbasis tugas.


Kata kunci: WaG, kemampuan pemahaman matematis, LKS, video pembelajaran

Author Biographies

Dewi Azizah, Universitas Pekalongan

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Amalia Fitri, Universitas Pekalongan

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan