Abstract
Keberadaan IBC yang memiliki konsep sebagai wujud apresiasi terhadap kerajinan batik, serta komitmen IBC untuk mempertahankan kelestarian batik tulis dan batik cap sangat menarik sebagai obyek penelitian. Atas dasar fenomena semaraknya printing di era sekarang ini, maka dirasa perlu untuk mengidentifikasi persentase printing, batik tulis dan batik cap di tempat tersebut sebagai wujud langkah evaluatif dan preventif. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif yang bertujuan untuk menggali secara luas tentang sebab-sebab atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa printing menduduki peringkat ketiga setelah batik tulis dan batik cap, yaitu dengan persentase sebesar 13,75%. Hal tersebut menandakan bahwa printing ikut mewarnai pasar batik di Blok VIP IBC Pekalongan. Hasil observasi selama survei, konsumen yang memiliki selera dan pemahaman tentang batik yang baik serta budget yang tinggi, lebih banyak memilih batik tulis dan konsumen golongan ini merupakan terbanyak di Blok VIP IBC Pekalongan. Sedang konsumen yang kurang memahami tentang batik dan menginginkan harga yang murah maka akan langsung memilih printing.